Mengganti Keyboard Asus EeePC

Banyak teman, kerabat, client atau sekedar kenalan di sosial media bertanya tentang beberapa problem tentang laptop, diantaranya adalah problem tentang kerusakan keyboard, keyboard mati sebagian, keyboard mencet terus, bahkan gara-gara keyboard menekan terus tombol tertentu mengakibatkan laptop hank, error atau gagal booting.
Saya sering menyarankan untuk membersihkan socket dibagian bawah keyboard karena kebanyakan keyboard laptop atau netbook menggunakan socket untuk menghubungkan keyboard dengan mainboard.
Apabila setelah dibersihkan memang tidak berhasil maka cara paling aman adalah menggantinya dengan yang baru, karena pengalaman saya jika hanya dibersihkan hanya akan bertahan dalam hitungan hari atau minggu maka keyboard akan kambuh lagi, dan biaya pun akan dobel karena anda harus bolak-balik ke tukang servis kecuali anda bisa melakukannya sendiri.
Untuk ganti baru anda harus mengeluarkan uang sekitar 200-350rb tergantung type, untuk asus eeepc biasanya akan lebih mahal karena posisi keyboard dibaut di bagian bawah laptop/netbook.
Jadi sebenernya jika anda ingin mengganti sendiri sangat mudah, anda tinggal membuka baut dibagian bawah laptop yang ada symbol/gambar keyboard didekat lubang baut nya.
Penggatian keyboard sendiri biasanya akan mengirit sekitar 25-75rb (ongkos pasang) untuk keyboard replacement harganya sekitar 100-250rb.
berikut video tutorialnya.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment