Install Windows 7 di Asus X200MA

pengalaman cara install windows 7 di Netbook Asus X200MA, cara Downgrade asus x200ma windows 8 to windows 7
default dari Asus untuk tipe X200MA memang diperuntukan menggunakan OS Windows 8, karena memang bios bawaannya hanya support windows 8, jika dipaksa untuk menjalankan windows 7 maka pada proses instalasi windows 7 akan menampilkan bluescreen
beberapa tutorial di support asus dan forum merekomendasikan untuk menggunakan boot UEFI, merubah direktori instalasi windows, rufus dan lain-lain.
tapi setelah saya coba tidak ada yang berhasil, dan akhirnya saya coba update bios ke versi paling baru dan solusinya pun terpecahkan.
berikut step by step nya :
Warning : Flash bios ini berbahaya/akan mengakibatkan mati total jika pada proses upgrade gagal,usahakan baterai penuh dan kuat untuk waktu lebih dari setengah jam walaupun proses upgrade hanya memerlukan waktu kurang lebih 5 menit.
download file bios jangan sampai corrupt.
Cara pertama :

  • Download tool Winflash di sini sesuai OS nya
  • Download Bios untuk Asus X200MA paling baru disini dan extract
  • Install Winflash
  • Pilih file bios
  • Kemudian lakukan flashing /upgrade bios lewat windows sampai selesai
Cara kedua : jika anda tidak bisa menginstall winflash dengan warning "Sorry this program only supports asus notebook" maka lakukan langkah ini :
  • Download Bios untuk Asus X200MA paling baru disini dan extract
  • Simpan bios di Flashdisk
  • Colokan Flashdisk di port USB selain USB 3 port (biasanya warna biru)/ karena takutnya tidak support USB 3 
  • Masuk ke bios dengan menekan F2 pada saat boot pertama
  • Pilih menu "Easy Flash Utility" 
  • Anda akan masuk ke menu Asus Easy Flash Utility,
  • Pilih drive/flashdisk di kotak sebelah kiri
  • Pilih File bios di Kotaksebelah kanan
  • Kemudian Enter
  • Tunggu sampai selesai dan restart 
  • Proses kurang lebih 5 menit (Erasing, Programming,Verify & restart)
Setelah Upgrade bios selesai maka akan ada option baru " OS " dan terdapat dua option win 8 dan win 7, pilih sesuai kebutuhan os anda. 

berikut contoh Screen Shoot langkah-langkahnya :

 



Semoga Bermanfaat :)

Downgrade Windows 8 to  Windows 7 Asus X200ma
Upgrade Windows 8 to  Windows 7 Asus X200ma
Upgrade bios Asus.

    54 comments:

    1. Selamat malam, setelah langkah di atas, bagaimana cara kita menginstal OS windows 8 pada laptop x200ma? Saya coba, tetapi tidak bisa di boot flashdisknya
      terimakasih

      ReplyDelete
    2. malam juga, install seperti biasa sajamas tapi sebelumnya setting OS di bios nya switch ke win 8 OS , atau pada saat boot pertama tekan ESC sampai keluar boot option kemudian pilih boot dari FD thanks

      ReplyDelete
      Replies
      1. mas, Laptop keluaran sekarang mau acer, asus, toshiba dll. ada yang gak bisa di instal. di Bios terbaca flashdisk nya. tapi saat di save & exit gak ada timbul windows yang mau kita instal malahan windows yg sebelumnya tetap masuk, padahal di Boot flashdisk sudah saya posisikan paling atas. terimakasih.

        Delete
    3. Terimakasih share nya, bermanfaat dan berhasil!

      ReplyDelete
    4. Gan trik instal 7 gmn..soalx ane dpt hapus drive2 selain sistem yg sebelumnya pake win8

      ReplyDelete
    5. mas, kalau udah di upgrade BIOS nya terus mau boot FD yang udah ada win 7 nya kok malah masuk Free DOS terus ya? Gimana ya solusinya.

      ReplyDelete
    6. Saya biasanya bikin boot FD pake WinToFlash jarang gagal mas. :)

      ReplyDelete
    7. mas, d booting option cm ad pilihan hdd ga ad fdd tw cdroom..apa usb ga kbca tw dosny mang ga suport?

      ReplyDelete
      Replies
      1. dosnya support ko gan mungkin FD nya , coba FD yang lain soalnya saya pernah ngalamin pake FD Transcend kasusnya sama g mau boot tp pas ganti FD lancar jaya...

        Delete
      2. wah master lg ol nih..tp biasany wlpun fd ga dcolokin ttep ad plihan booting prioriti kn..ini cm nongol 1 ae..biosny american megatrends v 302..

        Delete
      3. solved master thq inspirasiny..tgl up bios pke v500 nongol tuh prioriti fd ya..jd mslh bkn d fd tb biosny yg jadul..bwt yg laen yg pny mslh serupa silakan up biosny ae..

        Delete
    8. thanks bro, it works. problem solved.

      ReplyDelete
    9. jempolan ... sangat membantu

      ReplyDelete
    10. Misi gan.. Ane perlu bimbingan.. Ane baru beli Asus x200ma tapi blum d install OS.. Gmna caranya??

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo g ada dvdrom external coba gunakan FD dengan bantuan Wintoflash gan...tutornya ada di blog ini.. Thanks :

        Delete
    11. misal didalam biosnya sudah ada pilihan win8 dan other OS apakah masih perlu diupgrade bios?
      saya coba pke win7 lewat usb, selalu bootloop. g mw masuk ke tampilan instalasi win7.
      hanya sampe diload file windows.

      misal file bios yg didownload yang mana gan?
      yang Version 501?

      trimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. harus update dulu gan biar bisa install win 7,
        saya sih pake yang paling baru aja 501.
        nanti keluar pilihan os Win8 / Win 7

        Delete
      2. trimakasih gan..skarang udah bisa diinstall win7.

        Delete
    12. Saya cman d kasih dvd d gmnain??

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo udah punya cd windows installer atau file nya agan tinggal install mau lewat dvdv external atau lewat Flashdisk, cara install windows banyak di google gan..
        trus kalo mau pake windows 7 agan harus update bios dulu kaya lagkah diatas..thanks :

        Delete
      2. sya mau tanya gang ... kalau mau download yg mana utiliti bios atau biosnya

        Delete
    13. sangat membantu ! makasih gan

      ReplyDelete
    14. Bro David, terima kasih infonya sangat membantu..^^

      ReplyDelete
    15. bang david kalo update bios garansinya ilang ga

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo masalah garansi saya kurang tau mas,
        kalo gagal update trus mati bawa aja ke SC dan jangan bilang abis update bios :D
        selama segelnya blm kebuka kayanya ga masalah :D

        Delete
    16. misi gan maaf ane numpang nanya,, kenapa pas udah di update bios nya,, pas mau nginstal win 8.1 nya pas di partisi nya gak mau jalan,, kenapa yah?? mohon pencerahan nya gan.. tolong lz

      ReplyDelete
    17. gan ane mau instal windows xp di asus X200MA ( maklum pencinta xp :D ), ane sdah update bios 502 tapi dipilihan bios cuma ada windos 7 dan 8.x saja ... ane udah tes satu persatu tapi slalu gagal instal window xp, muncul blue screen A problem ..... githu,, saat mau masuk proses pemilihan partisi
      mohon pencerahanya..... thanks

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah saya blm pernah gan...Coba pilih windows 7 tapi seting SATA Mode nya ke IDE jangan AHCI gan, atau compatible :)

        Delete
    18. terimakasih sangat berguna infonya,, saya sampai 3x format flashdisk gara2 mau downgrade :D

      ReplyDelete
    19. gan... mau nanya nihh... kok pas saya pilih bios malah muncul "no model name structure".. knp ya gan? mohon pencerahannya ga... mksh

      ReplyDelete
      Replies
      1. pilih bios yang sesuai dengan type laptopnya gan, trus pilih versi terbaru atau terupdate....:)

        Delete
    20. gang saya mau bertanya yang mana di download disitu biosnya atau utiliti biosnya

      ReplyDelete
    21. Bios nya gan,,,,utiliti bios biasanya buat update bios dari dalem windows...biar ga ribet kaya diatas, saat saya buat artikel ini blom ada utility bios .. Thanks

      ReplyDelete
    22. biosnya dah saya pilih sesuai dengan laptop gan... asus x200ma gan... kan saya mau install laptop tanpa non os gan... nah ketika lagi loading windows balik lagi ke free dos gan... itu knp ya gan?

      ReplyDelete
    23. oke gan.. sudah berhasil gan,, permasalahnnya ada di fd ane gan.. heheh :) makasih

      ReplyDelete
    24. Gan, mau nanya.
      Saya kan mau install win 7.
      Lalu saya update bios 504 (win7) dengan prosedur seperti yang disampaikan di atas.
      Namun, setelah selesai, opsi win 7 gak muncul. Yg ada hanya win 8.
      Apakah pas update bios, harus update ke 504 yg versi win 8, buklan win 7?

      ReplyDelete
    25. gan winflash & biosnya satu paked dalam zip?

      ReplyDelete
    26. masalah lagi gan, kalau downgradw bios apa bisa matot selamanya?
      terus waktu saya mau instal win 7 malah partisinya ga mau dipasang windows 7/8 gak mau?

      saya ragu ragu mau downgrade bios.

      ReplyDelete
    27. saya udah upgrade bios x200ma ke versi 504, sukses, tetapi malah kagak bisa masuk menu bios, mohon pencerahan tombol apa yg harus ditekan karena udah pake f2 pada saat booting tetep aja kagak mau masuk bios. makasih

      ReplyDelete
    28. mas, Laptop keluaran sekarang mau acer, asus, toshiba dll. ada yang gak bisa di instal. di Bios terbaca flashdisk nya. tapi saat di save & exit gak ada timbul windows yang mau kita instal malahan windows yg sebelumnya tetap masuk, padahal di Boot flashdisk sudah saya posisikan paling atas. terimakasih.

      ReplyDelete
    29. Gan kok bilang gini saat mau flash
      Warning!!
      Build date is too old!!
      Please Press Enter to Return!!

      ReplyDelete
    30. saya baru beli asus x200ma nih,mau coba step2 diatas mudah2an berhasil...

      ReplyDelete
    31. wah saya blm pernah gan...Coba pilih windows 7 tapi seting SATA Mode nya ke IDE jangan AHCI gan, atau compatible :) jawaban penulis.

      saya udah coba tapi masih bsod. terus aja gak bisa instal xp. apa benar asus x200ma hanya buat os 7 dan 8

      ReplyDelete
    32. tolong dong solusinya mas. http://rempasboy.blogspot.com/2015/07/instal-xp-pada-notebook-asus-x200ma.html

      ReplyDelete
    33. ini untuk win 7 64 bit ya gan?

      kenapa ya laptop ini ram bawaan cuma 2gb tapi paling minimum os win 7 64 bit sedangkan 64 bit itu paling bagus run diatas ram 4gb

      ReplyDelete
    34. gan kalo gk bisa masuk bios gmna?
      padahal udah tekan tombol f2 bolak balik pas di hidupin tetap az gk mau

      ReplyDelete
    35. selamat pagi gan,
      mau nanya, sebelumnya booting dan muncul baground biru asus tek.easy ultility ,sebelum masuk windows muncul notif itu , seya browsing ternyata update bios versi asus tersebut, setelah saya mengikuti langkah2nya update bios sukses , ternyata muncul notif kaya gitu lagi gan, mohon pencerahannya,

      terimakasih sebelumnya

      ReplyDelete
    36. Saya pernah install Windows 7 di Asus X200MA, sudah update BIOS dan berhasil tapi saat install kedua kalinya tidak pernah bisa. sudah hampir 10x coba intal Windows 7. Tapi hasilnya Bluesreeen terus.Dan kenapa Asus X200MA hanya bisa untuk Windows 8? apa karena tipe BIOS nya UEFI atau bagaimana?. Tapi diinstall Windows 10 bisa. Mohon penjelasannya
      Terima kasih

      ReplyDelete
    37. Kok nggak bisa ya mas ada tulisan nya Bouild

      ReplyDelete
    38. halo, saya sudah berhasil downgrade, tapi malah ga bisa koneksi ke internet dan tulisannya "NO CONNECTIONS ARE AVAILABLE" , dan gambarnya layar ada silang merahnya. boleh bagi pencerahannya supaya bisa connect ? makasih~

      ReplyDelete
    39. Mlm mas... ada yg sukses install windows xp gk di asus x200ma

      ReplyDelete
    40. Klo windows 7, 8.0, 8.1 n windows 10 sukses semua. Tpi windows xp ny bluescreen

      ReplyDelete
    41. kalau muncul batrai 20% itu knpa yah bang...mhon pencerahan nya pas easy flash ngk mncul kyak di atas.

      ReplyDelete