Reset ECU Honda Spacy PGMFI / motor Injection

Sudah beberapa bulan terakhir motor belum pernah diservis karna kesibukan saya, maklum kuli...berangkat pagi pulang magrib.
dan kendalanya adalah motor saya honda spacy pgmfi atau injection,jadi tidak semabarang bengkel bisa menyervisnya.
kepikiran untuk servis sendiri biar ga harus ke bengkel dealer besar denga antrian yang panjang, yang terkadang pengerjaannya berkesan asal-asalan atau terburu2 karena mungkin pasiennya banyak.
akhirnya dengan modal nekat saya coba bongkar sendiri,berbekal pengalaman mengobrol dengan montir di dealer honda dan liatin cara servis nya, ternyata untuk mengatur langsam, ECU /bagian chip komputernya tidak usah menggunakan komputer atau alat khusus, karena memang teknologinya sudah di sederhanakan (kata montir di dealer)
akhirnya saya coba bongkar dan servis sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • kontak posisi OFF atau mati
  • bongkar penutup mesin dibawah jok,,yaitu bagian bagasi dan jok akan diangkat karena memang satu bagian
  • bongkar penutup depan mesin di bawah jok bagian depan
  • setelah terbongkar maka akan terlihat sebagai berikut
  • persis dibawah besi melintang di bawah jok ada seperti soket merah dengan empat kabel tetapi buntu atau ujungnya tidak terhubung ka bagian lain, saya tidak tau apa namanya (lupa nanya) sepertinya sensor atau apalah.
  • tampilannyaseperti berikut

  • kemudian buka/cabut dengan menekan pengunci kemudian tarik
  • maka akan terlihat seperti ini



  • ada 4 buah konektor soket yang terhubung dengan kabel coklat,orange,hitam dan hijau polet hitam
  • yang perlu anda persiapkan adalah paperclip atau kabel pendek untuk men jumper/ menghubungkan kedua soket


  • jumpper atau hubungkan soket warna hijau dengan coklat biarkan terhubung dengan kondisi kontak off

  • ingat posisi kunci kontak masih pada posisi OFF
  • kemudian tarik handle gas sampai habis dan tahan

  • nyalakan kunci kontak /posisi ON dengan posisi handle gas masih di tarik full atau gaspol
  • lihat lampu indikator FI di head panel akan menyala pada saat kunci kontak dinyalakan dan akan berkedip kencang lalu lepaskan handle tungggu sampai lampu indikator berkedip pelan

  • anda cukup menarik handle gas 1-5 detik sampai lampu indikator berkedip kencang 
  • dan apabila lampu indikator sudah berkedip pelan berarti proses reset sudah selesai

  • matikan kontak
  • cabut jumper/penghubung soket kemudian pasang kembali sensornya
  • jika anda ingin mengatur lagi langsam maka anda tinggal putar baut yang saya tandai merah
  • kalo terlalu rendah biasanya mesin akan sering mati pada saat mesin dingin jadi silahkan stel sesuai selera anda

  • kemudian anda tinggal lanjutkan ke stel klep
Oh ya pernah mengalami mesin tidak mau hidup setelah motor terguling, itu katanya dikarenakan di motor injection ada sensor kemiringan yang secara otomatis si ECU memerintahkan untuk mematikan mesin dan menonaktifkan pengapian...tp jangan panik anda cukup tunggu 5-10 menit dengan posisi motor berdiri tegak. kemudian motor akan normal kembali ..:D
demikian pengalaman saya semoga bermanfaat :)
setting honda injection
reset PGMFI 
reset motor injection











16 comments:

  1. Punya ane lmpunya kok nggak kedip ya? Cuma nyala terus .. itu gmana gan?

    ReplyDelete
  2. Makasih ilmunya. Manjur buat spacy saya yg rpm-nya mendadak naik sendiri.

    ReplyDelete
  3. Trima kasih bro.... kebetulan saat ini aku lagi mengalami kendala di motor yang sama, yaitu spacy.

    ReplyDelete
  4. Trima kasih bro.... kebetulan saat ini aku lagi mengalami kendala di motor yang sama, yaitu spacy.

    ReplyDelete
  5. Om...mo tanya...nie spacy f1 habis gnti pistonkit tp susah dapet lngsam nya...set.klep in 0,15 ex 0,16
    gmn ya...setingan langsam mau di msukin atau di kluarin ga ngaruh...seharus nya kn...klo di puter ke luar langsam tmbah gede ya?
    Mohon bntuan nya om?

    ReplyDelete
  6. itu bukan setelan langsam, tp itu iacv, jika anda memutar itu malah salah. soalnya itu ngatur angin mirip karbu

    ReplyDelete
  7. Tanya mas, apabila di indikator MIl tidak Ada kedipan, apa perlu Kita lakukan reset ECM?

    ReplyDelete
  8. Cara seperti itu khusus untuk spacy atau gmn nih

    ReplyDelete
  9. kalo sampai salah kabel dan konslet resikonya merusak apa ?

    ReplyDelete
  10. maaf saya mau tanya, kenapa ya ecu/cdi mtr spacy saya tidak dapat bertahan lama, paling lama 3hari setelah diganti. terima kasih kepada yang berkenan menjawab

    ReplyDelete
  11. Kalo spacy sy jd boros hmpiha 2x lipat dr biasanya. Knapa ya. Trma ksh min

    ReplyDelete
  12. Numpang tanya gan. MTR specy saya gak mau langsung. Apa perlu di reset ulang pa gak ya gan. Mungkin infonya gan. Terima......

    ReplyDelete
  13. Spacy sy brebet brebet gitu npa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba liat kode MIL nya bro, klo ada kedipan pada posisi on berarti ada trouble pada motornya, klo gk ada berarti pada fuelpump atau injectornya yg bermasalah, fuelpump itu bagian part di tangki, sementara injektor ada di bagian atas mesin yaitu pengganti karburator termasuk bagian dr intake. Cp saya 081357504518 (wa)

      Delete
  14. Maaf gan mau tanya motor spacy ane. Di stater atau di sela mesin hidup. Tp waktu gas di lepas mesin mati seperti tidak langsam. Sdh di puter setelan di bawah jok tp tidak ngaruh. Mohon petunjuk nya. Motor ane spacy inj tahun 2012

    ReplyDelete