Memperbaiki Lensa CANON 18-55

Saya bukan tukang service kamera juga bukan seorang photografer, ini saya lakukan karena lensa kit kamera Canon 1000D saya Auto Focus nya tidak berfungsi lagi, saya tanya ke Datascript ternyata biaya servisnya sekitar 350.000,- (wah lumayan besar untuk yang ekonominya se Level saya :P ), karena menurut logika saya mungkin hanya kabel flexible AF nya saja yang putus ato sobek.
Mungkin ini not recomended dan tidak bertanggung jawab atas efeksampingnya dan belum teruji akan bertahan berapa lama... tapi saya berhasil dan lensa berfungsi dengan baik....
Talk Less Do More ..Cekedot ..
Peralatan :
·         Obeng kecil yang panjangnya kira-kira dapat menjangkau kedalaman 7 cm (direkomendasikan yang bermagnet agar baut-bautnya nempel)
·         Gunting dan Cutter
·         Solder dengan mata solder kecil dan lancip
·         Timah solder
·         Kawat email seukuran rambut (untuk jumper)
·         Kaca pembesar
·         Tisu pembersih lensa (untuk membersihkan jamur yang nempel di lens/ sekalian bongkar :P )
Langkah-langkah :
1.       Buka 4 baut di belakang lens

 2.       Buka 2 baut kecil yang merekatkan konektor tembaga dengan penutup belakang

3.       Buka pelan-pelan karena ada flexibel penutup belakang yang tersambung dengan rangkaian didalam.

4.       Ada sekitar 5 buah flexibel yang terhubung menggunakan soket, copot semua dengan hati-hati.

5.       Copot board atau rangkaian yang berupa lingkaran
6.       Buka 2 baut yang merekatkan motor+gear penggerak lens, ingat 2 baut yang di samping bukan yang di tengah karena apabila yang di tengah dibuka maka gear akan berantakan.
7.       Copot blok penggerak tersebut maka akan terlihat ada flexibel yang sobek atau putus sama sekali. Itulah biang penyakitnya yang akan kita perbaiki.
8.       buka dengan perlahan stiker bertuliskan CANON depan lens karena dibalik stiker terbsebut ada 3 buah baut tapi perhatikan posisi bautna karena itu sangat berpengaruh terhadap fokus kamera apabila tidak diposisi yang tepat. Untuk mensiasatinya saya memberi tanda menggunakan spidol supaya posisinya tidak berubah pada saat pemasangannya kembali.
9.       Copot lensa depan maka akan terlihat satu buah baut di pinggir bagian dalam yang menempel pada lempengan besi putih sebagai  pembatas putaran lensa depan, buka bautnya dan cabut besinya.
10.   Kemudian kembali lagi ke belakang lensa, ada konektor berbentuk seperti sisir yang menghubungkan flexible AF ke lensa depan, konektor tersebut di rekatkan dengan 2 buah baut buka dan copot dengan hati2, kemudian buka dudukan lensa bagian depan maka akan terpisah menjadi dua bagian yaitu duduka lensa depan dan belakang.
11.   Copot flexible yang menempel pada dudukan lensa menggunakan pinset karena flexibel hanya direkatkan menggunakan semacam double tape, hati-hati jangan samapi sobek.
12.   Setelah dilepas kedua bagian flexible yang terputus tersebut maka tahap selanjutnya adalah menjumpernya menggunakan kawat email.
13.   Iniah tahap yang sangat menjengkelkan karena harus membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyolder kawat email ke jalur flexible yang besarnya hanya seukuran rambut.
14.   Gunting menyerong kedua bagian flexible tersebut supaya memudahkan dalam proses penyolderan
15.   Bersihkan permukaan flexible dengan cutter agar jalur tembaganya terbuka dan dapat disolder dengan baik
16.   Solder kawat email ke 6 jalur flexible dengan baik dan pastikan merekat dengan baik dan kuat
17.   Periksa kembali menggunakan kaca pembesar untuk memastikan tidak ada korsleting antar jalur akibat penyolderan yang kurang rapi.
18.   Setelah beres penyambungan flexibel pasang kembali dengan hati-hati seluruh bagian tadi dengan cara merunut balik tiap langkah saat pembongkaran.
19.   Tadaaaaa...AF lensanya berfungsi kembali.
Catatan :
  • Pastikan jalur konektor menapak dengan baik dan lurus dengan jalur flexiblenya.
  • Perhatikan lipatan sambungan tadi agar tidak menghalangi dan mengganggu keluar masuk lensa bagian dalam.
  • Sebelum dipasang anda dapat membersihkan seluruh bagian lensa bagian dalam kalau-kalau ada kotoran atau jamur yang menempel.
  • Lakukan dengan sabar dan konsentrasi.
Maaf gambarnya tidak lengkap karena untuk bagian yang kecil dan dalam sulit di abadikan, maklum motonya Cuma pake hape kacangan. :D

Semoga bermanfaat (dave)

47 comments:

  1. posisi dimana OM
    kerusakannya sama kaya' punya saya, bisa terima service g OM
    fush@ymail.com

    ReplyDelete
  2. saya di sumedang, maaf saya tidak buka servis cuma untuk konsumsi sendiri.
    saran saya mending langsung ke servis center, sekitar 350rb an..
    ato pasang sendiri flexible nya cuma 70rb an..
    thanks kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. flexibel dimana ya gan belinya

    ReplyDelete
  4. beli online aja gan googling kalo g salah ada dijogja,bandung , kalo beli diservis resmi g dikasih harus +servisnya.... :)

    ReplyDelete
  5. Udah berapa bulan nih sejak di reparasi sendiri? Masih bertahan gak hasilnya? pengen coba :)

    ReplyDelete
  6. makasih tips nya om, tp tetep ga berani bongkar -_-

    ReplyDelete
  7. maaf bos... kalau post ini tidak berkenan, dihapus saja, thanks.

    Terima jasa service lensa for Canon baik itu Tamron, Sigma atau Tokina, seluruh service bergaransi 6 bulan, silahkan hub 081318819216 atau search & like FB page ' service lensa for canon ' atau ID skuer di kaskus, thanks

    ReplyDelete
  8. mksih bnyk tutornya gan jdi pgn nyobak nih..:-D
    salut buat agan ini thx.

    ReplyDelete
  9. kasusnya sama dengan kamera punya saya, tapi saya gak berani buka karena takut dan gak ada alat buat perbaikannya,. makasih tutornya. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Berarti kalo cuma mau bersihkan jamur n debu di lensa bagian dalam cuma buka baut aja donk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap tinggal buka baut trus lap pake tisu kamera ato tisu yg lembut biar g ada goresan di lens nya :)

      Delete
    2. Salam kenal mas.mo nanya nih buka lensa depanya gimana, krn punyaku ada bibit jamur terlihat dilensa depan thx

      Delete
    3. tinggal lakukan dari langkah no 8 mas, semoga membantu

      Delete
  11. kalau punya saya dafragmanya gak berfungsi normal,kira2 gimana ya mas carabya,,,,

    ReplyDelete
  12. om saya di sumedang bisa bersihin lensa ga < ada titik hitam kalo moto awan

    ReplyDelete
  13. lensa bagian depan itu bisa dibuka ga ya?

    ReplyDelete
  14. Itu berarti lensa nya aja kan om yg rusak? Jadi kalau ganti lensa gak bakal gitu lagi kan?

    ReplyDelete
  15. mantabs sangat bermanfaat, jadi kalau sekedar lensanya yg berjamur lewat ya bro...ini sampai level jumper ffc (Flexible Flat Cable), salud, moga terus nambah ilmunya n dishare terus....makasih tipsnya

    ReplyDelete
  16. maaf teman2 baru buka lagi blog nya, untuk masalah jamur, buka lensa depan, dan af g fungsi silahkan dibaca lagi langkah2nya. semoga membantu :)

    ReplyDelete
  17. wah menegangkan bacanya, punya saya juga rusak baru ketahuan tadi pagi. pas ganti lensa langsung jalan. berarti lensa 18-55nya yg rusak. tapi apa ya bisa saya ngerjain seperti di atas :( tatuuut.

    Terima kasih banyak sharingnta. boleh dicopas ya mas David

    ReplyDelete
  18. sya dah coba, n gampang asal teliti. tapi permasalahannya setelah dipasang balik kok jadi ga fokus lagi ya?
    kyknya gara2 saiya buka lensa yg bagian dalam kemudian pasang lagi mybe srew nya kurang tepat tapi udah ak coba beberapa kali juga gak bisa nemu yg pas. kepiye iki?
    ..apa mending di bobol aja biar seperti lensa manual kamera jadul?
    ..apa pemasangan lensa paling depan kurang tepat mengakibatkan terjadinya gak fokus?

    ReplyDelete
  19. [img]http://imageshack.com/a/img9/2288/xrc8.jpg[/img]

    ReplyDelete
  20. kalo lensa nikon 18-55 blur sebelah kanan itu gimana gan ngatasinya..?
    makasih...

    ReplyDelete
  21. top markotop dah ne postingannya gan... curhat dikit yah... hehehe... ane dapet ne postingan lgsg ane print dah, duduk manis d meja kerja bongkar ne lensa... nyambung fleksinya ribet juga, fikir2 ketimbang gak awet ane pesen dah gan, nunggu 4 hari, pasang pasang pasang rebes dah... dg kabel fleksible 85rb kini lensa gak cuma nangkring di drybox.. thanks gan.. :D

    ReplyDelete
  22. Nice share gan, stdknya tahu cara buka & nggantinya
    sbg perbandingan, dari pada nyolder, Cable flex autofocus di ebay murah (nggak sampai 5 USD)
    http://www.ebay.com/itm/Focus-Flex-Cable-for-Canon-18-55mm-18-55-mm-Lens-Zoom-/280726467071?pt=Digital_Camera_Accessories&hash=item415c99f1ff

    ReplyDelete
  23. wah post ini keren banget..
    nggak tanggung" berbagi ilmu pengetahuan~
    salut.. ^_^

    ReplyDelete
  24. artikelnya sangat membantu mas, kasusnya sma dg kamera saya!! trims mas

    ReplyDelete
  25. Camera Canon 1100D jatuh kebentur lensanya, zoomnya tidak berfungsi, saya mencoba bongkar tp tidak bisa sampai memperbaiki zoomnya. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  26. di jogja harga servis kurang lebih hanya rp. 125 000 ... dulu ...
    flexibelnya hanya memakai kawat spool trafo lembut kayaknya ....
    tempat saya bertahun-tahun dan dipakai setiap hari ,,, masih oke ....

    ReplyDelete
  27. Saya tambahkan kawat spool trafo tadi kan banyak sekali ,,,, agar tak berantakan maka dipilin atau dipelintir ...
    Kamera kompak juga sama .... saya ke tempat servis centernya beaya bisa 400.000 tapi di servis amatir lembaganya tapi proffesional kinerjanya hanya dihargai 75,000

    ReplyDelete
  28. punyaq canon PS A480 tombol flexinya putus,ada yg tau harganya g? dan ada yg bisa bantu buat yambungin lagi g?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. tombol back panel ya, tombol menur,navigasi ?
      flexiblenya warna biru ya , itu tidak bisa di jamper karena terbuat dari carbon...
      bisa di ganti 1 set fpc back panel.....bisa kunjungi website www.centraldigital.co.id

      Delete
  29. sepertinya kamera dslr saya juga mengalami masalah seperti kamera mas david. Dan yang mau sya tanyakan bagaimana mengetahui kerusakannya apakah berasal dari lensa atau bodynya? thanks

    ReplyDelete
  30. maaf om numpang coment:
    menurut saya tidak disarankan jika di jamper,karena resiko compline,dan waktu pengerjaan lebih lama.saat ini flexible sf 18-55is sudah di jual di luar SC koq...
    bisa lihat2 part nya di www.centraldigital.co.id

    ReplyDelete
  31. Misi om
    Lensa saya terjatuh
    Tolong sarannya om

    ReplyDelete
  32. terimakasih informasinya gan, minta izin copas untuk isi blog saya. blog saya : info-barolsproduction.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. iya mas biar saya coba aja deh , soalnya punya saya juga AF nya ga jalan nih.. :(

    ReplyDelete
  35. orang sumedang ya , sama saya juga punya masalah pada cannon 110d nya bisa berkonsultasi face to face ga

    ReplyDelete
  36. Jogja service camera murah mana ya????

    ReplyDelete
  37. Cara buka stiker bertuliskan canon d depan itu gimana yaaa???

    ReplyDelete
  38. Pake obeng ukuran berapauntuk Buka 4 baut di belakang lens kak....makasih

    ReplyDelete
  39. Bang ukuran baut untuk lensa mirroles fujifilm ukuran brpa ya bautnya? Baut saya ilang-_-

    ReplyDelete