Install Windows XP di Laptop ( Vista Support )

Ini pengalaman saya yang kesekian kalinya waktu disuruh nginstal laptop acer pake Windows xp, seperti biasa setelah masukin cd windows xp dan seting booting di biosnya dan mengikuti langkah2 instalasi saya langsung tinggal untuk mengerjakan kerjaan yang lain sambil nunggu instalasi selesai.

beberapa saat saya liat kembali ternyata layar menampilkan pesan error berwarna biru atau bahasa kerennya Blue screen of death (BSOD), dan kejadian ini sudah tidak membuat saya kaget lagi karna terlalu sering menemukan kasus seperti ini, biasanya conflik hardware atau tidak support.

Inget dulu waktu pertama dapet kasus kaya gini yaitu saat nginstall laptop yang baru saya beli dan kosong belum di install S.O (Acer aspire 4732Z) ...kagetnya minta ampun tapi setelah cari tau ternyata cuma setingan biosnya aja yaitu SATA MODE nya yang default nya di AHCI saya rubah menjadi IDE kemudian save dan restart dan jalankan instalasi seperti biasa dan berhasil.

Hanya biasanya ada beberapa driver yang support xp yang belum tersedia di cd bawaanya jadi kita harus donlod sendiri di situs resminya.demikian juga untuk instalasi Windows 7 di beberapa laptop memerlukan driver tambahan supaya semua hardware dapat dikenali dan berjalan dengan baik.

Kemudian pengalaman yang kedua instalasi Windows XP di laptop Compaq CQ40......

saya mengalami hal serupa tapi lain dengan kasus laptop merk acer setelah mencari tau ternyata laptop Compaq CQ40...... OS nya support VISTA ke atas jadi untuk install Windows XP kita harus mendonlod UPDATE BIOS nya (cari aja di om google) ......y dengan kata lain kita harus mengUPGRADE biosnya dulu baru instal Windows XP.

Itu lah beberapa pengalaman saya sebagai service komputer kacangan....hehe....semoga membantu.....

No comments:

Post a Comment