Kanibal baterai laptop/ netbook atau Mengganti baterai laptop/netbook

berbagi lagi semoga bermanfaat...
berawal dari laptop rusak yang saya beli dari temen yaitu toshiba & zyrex, setelah ditimbang2 ternyata saya harus mengorbankan Zyrex agar Toshiba bisa idup. dengan sedikit perjuangan akhirnya si Toshiba idup juga tapi ada lagi kendala yaitu batre nya yang cuma kuat 4 menit doang :(
akhirnya saya memutuskan untuk mengorbankan batre Zyrex dengan harapan bisa lebih baik :)
ok langsung saja prosesnya seperti ini...siapkan pisau, obeng minus kalo perlu palu kecil..ini diperlukan kesabaran dan kehati2an, soalnya case batre laptop tidak pake mur ato baut tp hanya mengguakan perekat dan pengunci saja.
  • perhatikan sambungan antara kedua sisi casenya, nah coba congkel sedikit dengan pisau, jika keras maka terpaksa harus menggunakan palu, jangan terlalu kasar karena akan merusak bagian dalam batre yaitu batu batre + rangkaian batre nya.

  • setelah ada sedikit celahtinggal congkel dengan obeng minus dengan perlahan sampe lem dan penguncinya lepas

  • setelah berhasil dibuka perhatikan terlebih dahulu pengkabelannya , biasanya  terdapat 4 kabel atau konektor yang menghubungkan batre dengan rangkaian batre yaitu VH, VM, VL, VG kemudian ada beberapa komponen tambahan yang terselip ato menempel diantara batre mungkin sensor suhu untuk memproteksi batre agar tidak overheat

  • kalo bisa ditulis terlebih dahulu agar tidak tertukar atau bisa di foto dulu, untuk menghindari lupa posisi kabel.

  • kemudian lepas semua kabel yang menghubungkan batre dengan rangkaian menggunakan solder

  • lakukan langkah langkah diatas pada batre kedua yang akan di kanibalkan.

  • setelah semua batre berhasil dilepas, ukur tegangan batre dari masing2 ujung, biasanya tegangannya antara 3,7 sampe 4 volt kaya batre HP, kalo beli baru satuannya sekitar 80-100rb dikali 6 cell jd biayanya akan sangat mahal dibanding beli baru, sempat terpikir untuk mengantinya dengan batre powerbank ato batre hp tp sudahlah (tak ada uang untuk itu)  :D


  • ada batre yang rusak sampe g ada tegangan sama sekali, tp ada juga batre yang sudah lemah ketika d ukur masih mengeluakan tegangan...untuk membedakanna ya harus dicoba satu persatu.
  • agar tidak memakan waktu lama saya tidak melakukan tes satu persatu, saya langsung pasang semua batre alias satu bundel tanpa dipilih dlu karena yakin batre nya sedikit lebih baik dari pada si Toshiba :)
  • perhatikan posisi batre agar tidak tertukar positif dan negatifnya, tp ternyata Toshiba dan Zyrex hampir sama jd tidak memakan banyak waktu untuk memasangnya hanya butuh sedikit kabel untuk men jumper konektor batre dengan rangkaian.









 jangan takut untuk mencoba :)
 selesai semoga bermanfaat,


6 comments:

  1. Maaf mas baterai nya tipe apa yyy???
    Trus di jualnya biasanya di mana

    ReplyDelete
  2. mas klau yang di ganti cuma skitar 3atau 4 biji baterai mksd nya, apakah itu masih bisa gk mas, trus cara mengatur posisi nya kira2 gimana ya mas??

    ReplyDelete
  3. Sdh dibuka dan diukur batery bagus sekali 11.61V, sy psg board protektor ke NB sy ukur terminal yg menuju batery 0V semua.....kesimpulan sy board yg rusak.
    Krn kemungkinan dpt board protector kecil kec dpt kanibal ....mk terpikir utk charge diluar sj ...kmdn terminal bat, kita hub lsg di pin + dan - tnp 3 pin lainnya diberi signal (SMB Bus)....apa bisa? atau lsg ditolak? pertanyaan lain terminal pos 11.61V klu dihub lsg tdk demage? tepatnya brp ya?

    ReplyDelete
  4. Sip ini min, makasih sudah share
    https://cody.id/produk/blower/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === JASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    ReplyDelete
  5. ijin berbagi..
    https://www.youtube.com/watch?v=YT20vOlfxMA

    ReplyDelete