Pengalaman Monitor No Signal

Suatu saat monitor crt ku ngadat (No Signal) padahal udah cek itu-ini masih tetep kaya gitu....kesel......akhirnya majelis sidang menjatuhkan vonis kepada tersangka "KABEL MONITOR" yang nyolok ke vga jelek alias rusak.....dengan modal nekat dan amarah yang meluap-luap aku langsung bongkar monitor itu, trus aku cabutin tuh kabel...kebetulan cuma pake 2 soket (tergantung merk)....
trus aku cek satu-satu pake multitester jelekku.....hasilnya ada beberapa kabel yang putus didalem (itu dia biang keroknya).....



langsung starter motor bergegas ke kota tahu nyari kabel.......
beberapa menit kemudian.............uuuhhhhh ternyata tak satupun yang jual tuh kabel...putus asa....tringggggg (ada ide) ngehubungin temen yang kebetulan buka service monitor , dapet juga tuh kabel dengan harga 20.000(2nd) ,walopun udah kusam tp yang penting fungsinya..........langsung ke TKP.....langsung pasang (backsound >mission imposible :limpbizkit ) ternyata warna kabelnya beda yang sama cuma RGB doang agak gede dan dibungkus grounding...hehee..(bingung) takut susunan kabel nya beda terpaksa tanya ke mbah google.. dapet......







ini dia susunannya, sedikit rumit tp lama2 jd ngerti.........
aku pasang sesuai usunan kabel bawaanya......selesai...test...(jantung berdetak sangat cepat).....mendebarkan dan ?????......nyala....horeeeeeeeeeeeee...
Warning : ati2 kalo buka yang ada tabung2nya cz listrik ke playback gede bgt jangan sembarangan pegang2.....aku pernah ngalamin hal buruk dengan TV tabung....kesetrum sampe trauma males buka2 elektronika yang ada tabungnya....hehehe

1 comment: